Minggu, 01 April 2012

Koperasi Indonesia




KOPERASI Di INDONESIA












NAMA: WAHYU AJI WICAKSONO
KELAS: 3EA15
NPM: 11209193



DAFTAR ISI


Kata Pengantar ………………………………………………………….. 01

BAB 1 : Pendahuluan …………………………………………………… 02
a.     Latar Belakang …...…………………………………………… 02
b.    Tujuan …………………………………………………………. 03
c.      Sasaran ………………………………………………………… 03

BAB 2 : Koperasi……………………………… ………………………... 04
a.     Pengertian koperasi menurut para ahli…………..………. 04-05
b.    Jenis koperasi………………………… ……………….……… 06
c.      Hak dan Kewajiban Anggota koperasi...…………………….. 07

BAB 3 : Kesimpulan dan Sumber Data ……………………………….. 08
a.     Kesimpulan …...………………...…………………………….. 08
b.    Sumber Data .…………………...…………………………….. 08









KATA PENGANTAR

          Alhamdulillah makalah ini selesai juga. Makasih untuk ALLAH,karna makalah ini telah selesai,dan buat rekan-rekan yang membantu menyelesaikan makalah ini. Makalah ini saya dedikasikan kepada para pembaca yang ingin mengetahui silsilah koperasi di Indonesia. Mungkin saat ini koperasi sudah tidak dilirik lagi di era modern saat ini. Karena banyaknya pesaing-pesaing seperti lembaga-lembaga keuangan yang mempunyai tingkat kepercayaan tinggi dimata masyarakat. Semoga dengan adanya makalah ini bias membuat koperasi di Indonesia makin maju dan berkembang.





01






BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
          Untuk saat ini koperasi sudah di pandang sebelah mata karena banyak lembaga keuangan yang memberikan tingkat keamaan dan kenyamanan dalam menyimpan maupun meminjam dana untuk memperluas usahanya. Untuk itu dalam era modern sekarang ini perekonomian Indonesia harus di topang juga dari sektor koperasi. Untuk tingkat masyarakat menengah kebawah sangat membantu perekonomian mereka. Terutama dalam koperasi mengenal simpan pinjam yang sangat membantu mendongkrak perekonomian menengah kebawah.untuk itu mari kita sama-sama belajar di dalam koperasi pun banyak memberikan manfaat yang tidak kalah baik nya dengan lembaga perekonomian lainya.





02


2. TUJUAN

          Memperkenalkan apa itu koperasi dan berbagai manfaat jika kita ikud dalam koperasi.




3. SASARAN

          Kita di tuntut untuk membangun dan membuat koperasi menjadi jaya lagi. Agar tidak kalah dengan lembaga keuangan lainnya.










03


BAB II

KOPERASI
Bagi Masyarakat Indonesia, Koperasi sudah tidak asing lagi, karena kita sudah merasakan jasa Koperasi dalam rangka keluar dari kesulitan hutang lintah darat. Secara harfiah Kpoerasi yang berasal dari bahasa Inggris Coperation terdiri dari dua suku kata. Co yang berarti bersama, Co yang berarti bersama. Jadi koperasi berarti bekerja sama, sehingga setiap bentuk kerja sama dapat disebut koperasi.

1. PENGERTIAN KOPERASI MENURUT PARA AHLI
          Banyak dari beberapa para ahli koperasi mempunyai berbagai pengertian namun mempunyai makna yang sama. Berikut definisi koperasi menurut para ahli:
1.     Dr.C.C. Taylor
Beliau adalah seorang ahli ilmu Sosiologi, dapat diperkirakan tinjauan beliau adalah tinjauan yang menganggap bahwa Koperasi adalah konsep sosiologi. Menurutnya koperasi ada dua ide dasar yang bersifat sosiologi yang penting dalam pengertian kerja sama :
a.     Pada dasarnya orang lebih menyukai hubungan dengan orang lain secara langsung. Hubungan paguyuban lebih disukai daripada hubungan yang bersifat pribadi.
b.  Manusia (orang) lebih menyukai hidup bersama yang salig menguntungkan dan damai daripada persaingan.

04



2.     Dr. C. R FAY
Suatu perserikatan dengan tujuan berusaha bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangat tidak memikirkan diri sendiri sedemikian rupa. Sehingga masing masing sanggup menjalankan kewajibannya sebagai anggota dan mendapat imbalan sebanding dengan tingkat hubungan mereka dengan perserikatan itu.
3.     Dr. G. Mladenata
Didalam bukunya “ Histoire des Doctrines Cooperative “ mengemukakan bahwa koperasi terdiri atas produsen produsen kecil yang tergabung secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama ,dengan saling bertukar jasa secara kolektif dan menanggung resiko bersama dengan mengerjakan sumber sumber yang disumbangkan oleh anggota.







05



2. JENIS KOPERASI
     Jenis koperasi didasrkan pada kesamaan usaha atau kepentingan ekonomi anggotanya. Dasar untuk menentukan jenis koperasi adalah kesamaan aktivitas, kepentingan dan kebutuhan ekonomi anggotanya. Jenisnya adalah :

1)    Koperasi Produsen.
Koperasi produsen beranggotakan orang orang yang melakukan kegiatan produksi (produsen). Tujuannya adalah memberikan keuntungan yang sebesar besarnya bagi anggotanya dengan cara menekan biaya produksi serendah rendahnya dan menjual produk dengan harga setinggi tingginya. Untuk itu, pelayanan koperasi yang dapat digunakan oleh anggota adalah Pengadaan bahan baku dan Pemasaran produk anggotanya.

2)    Koperasi Konsumen
Koperasi konsumen beranggotakan orang orang yang melakukan kegiatan konsumsi. Tujuannya adalah memberikan keuntungan yang sebesar besarnya bagi anggotanya dengan cara mengadakan barang atau jasa yang murah, berkualitas, dan mudah didapat. Contoh :
- koperasi simpan pinjam
- koperasi serba usaha ( konsumen)



06

3. HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA KOPERASI
      Anggota koperasimemiliki peran ganda, sebagai pemilik sekaligus pengguna pelayanan koperasi. Sebagai pemilik, anggota berpartisipasi dalam memodali, mengambil keputusan, mengawasi, dan menanggung resiko. Sebagai pengguna, anggota berpartisipasi dalam memanfaatkan pelayanan koperasi. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan bila dilanggar, maka akan dikenakan sanksi. Sedangkan hak adalah sesuatu yang seharusnya diperoleh. Bila hak ini tidak terpenuhi, maka yang bersangkutan dapat menuntut. Tetapi bila hak tersebut tidak digunakan, maka tidak ada sanksi untuk itu.
Anggota berkewajiban:
                   I.            Menjadi pelanggan tetap
                II.            Memodali koperasi
             III.            Mematuhi AD dan RT serta keputusan yang telah ditetapkan pada rapat anggota
            IV.            Mengembangkan dan memelihara kebersamaan atas dasar kekeluargaan

Anggota berhak:
a)     Dipilih sebagai pengurus atau pengawas
b)    Memilih sebagai pengurus atau pengawas
c)     Mendapat keterangan mengenai perkembangan ekonomi
d)    Meminta diadakan rapat anggota





07

BAB III

KESIMPULAN dan SUMBER DATA

KESIMPULAN
         
          Setelah kita mengetahui bahwa koperasi di Indonesia mengalami kemunduran maka dharapkan koperasi layak na dahulu mempunyai andil dlm membangun perekonomian bangsa Indonesia. Tetap mempercayakan uang kepada koperasi-koperasi yang berada di lingkungan rumah kita.




SUMBER DATA
          http://emperordeva.wordpress.com/
http://ferdyhendrawan.blogspot.com/



08




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar