Banyak orang menganggap bahwa promosi dan pemasaran mempunyai
pengertian yang sama, dimana sebenarnya promosi hanya merupakan salah satu
bagian dari kegiatan prasaran. Walaupun promosi sering dihubungkan dengan
penjualan tetapi kenyataannya promosi mempunyai arti yang lebih luas dari
penjualan karena penjualan hanya berhubungan dengan pertukaran hak milik yang
dilakukan oleh tenaga penjual, sedangkan promosi adalah setiap aktivitas yang
ditujukan untuk memberitahukan , membujuk atau mempengaruhi konsumen untuk
tetap menggunakan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.
Promosi
meliputi semua alat-slat dalam kombinasi pemasaran yang peranan utamanya adalah
untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk promosi merupakan suatu
proses komunikasi dari penyampaian amanat atau berita tentang produk/barang
atau jasa dari penjual kepada para pembeli potensial (konsumen). Promosi
mencakup penjualan oleh perseorangan, penjualan massal dan promosi
penjualan. Pada prateknya walaupun pelaksanaan promosi ini umumnya
dilakukan oleh para penjual/produsen, pihak pembeli atau calon pembeli
kadang-kadang ada kalanya secara sadar atau tidak sadar juga telah melakukan
promosi, misalnya bila mereka menginginkan suatu informasi/keterangan mengenai
harga, kwalitas dan sebagainya dari pihak penjualan. Contohnya dalam keadaan
kehidupan sehari-hari ada kalanya pada saat berbincang-bincang orang
menyinggung produk atau juga tertentu, umumnya mengatakan keinginannya membeli
rumah atau mengatakan bahwa besok malam film di Juwita sangat bagus, maka dalam
hal ini orang tersebut telah melaksanakan kegiatan-kegiatan
promosi. Tujuan promosi merupakan dasar dalam membuat keseluruhan program
promosi yang akan dijalankan oleh perusahaan dalam rangka mencapai apa yang
diinginkannya.
Pemasaran
adalah suatu proses social yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,menawarkan,dan secara
bebas mempetukarkan produk yang bernilai dengan pihak yang lain.
Etika adalah suatu cabang dari filosofi yang berkaitan dengan
kebaikan atau moralitas dari perilaku manusia.
Perusahaan
tentunya berusaha sebaik mungkin agar produknya laku terjual.berbagai cara
dapat dilakukan untuk memasarkan produk perusahaan. Diantaranya melalui promosi
diberbagai media baik cetak maupun elektronik, membuat event atau acara
tertentu,membuat jalur distribusi yang baik.
Pemasaran
produk yang dilakukan perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana caranya agar
produk perusahaan dapat haibs terjual namun juga menciptakan,menumbuhkan,dan
menjaga pelanggan/konsumen. Oleh karena itu,dibutuhkan etika bisnis dalam
memasarkan produk untuk mencegah praktik-praktik pemasaran yang tidak etis,yang
ujungnya menimbulkan persaingan yang tidak seha dan mencelakakan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar