Selasa, 16 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial


Tanggung jawab sosial perusahaan atau sering disebut Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu topik yang aktual dan berkaitan erat dengan masalah hukum dan etika bisnis perusahaan sebagai suatu aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan yang besar, tetapi selayaknya juga memikirkan kepentingan masyarakat disekitarnya, karena perusahaan sebenarnya juga merupakan bagian dari masyarakat.
            Disamping itu tanggung jawab sosial perusahaan berkaitan dengan teori utilitarisme sebagaimana diutarakan Jeremy Bentham. Menurut utilitarisme suatu perbuatan atau aturan adalah baik, kalau membawa kesenangan paling besar untuk jumlah orang paling besar (the greatest good for the greatest number), dengan perkataan lain kalau memaksimalkan manfaat.
                Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan isu yang terus berkembang dalam praktik bisnis. Sejak era tahun 1970-an. Dewasa ini CSR tumbuh menjadi kecenderungan global, khususnya untuk produk - produk ramah lingkungan yang diproduksi dengan memperhatikan kaidah -kaidah sosial dan hak asasi manusia, terlebih dengan dikeluarkannya Agenda World Summit di Johannesburg tahun 2002 yang menekankan pentingnya  tanggung  jawab sosial perusahaan.
            International Organization for Standardization (ISO) 2006 menterjemahkan tanggung jawab sosial adalah : Sebagai tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan melalui perlakuan yang transparan dan etis yang konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat, memperhatikan kepentingan para stakeholders, sesuai hukum yang berlaku dan konsisten dengan
Norma – norma Internasional, serta terintregrasi di seluruh aktivitas organisasi baik kegiatan, produk maupun jasa.
            Terminologi Tanggung jawab  Sosial (social responsibility) sendiri   terkait dengan  banyak istilah. Waddock dalam Meehan  (2006)  menjelaskan ada sembilan (9) istilah yang berkaitan dengan  tanggung jawab  social (CSR), yaitu :1) corporate social responsibility (CSR), 2) corporate social perfomance  (CSP), 3) alternative CSR3c, 4) Corporate responsibility, 5) Stakeholder approcah, 6) Business ethics and values, inclding nature - based values, 7) Boundary - spanning functions including, 8) Corporate Community  Involvement (CCI),  dan 9) Corporate Citizenship (CC).

nama : wahyu aji wicaksono
kelas : 4ea17
npm : 11209193

Tidak ada komentar:

Posting Komentar